Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat

Apabila kamu terbiasa nge-blog, kemungkinan akan familier dengan hal-hal tentang website. Namun, bagi orang awam, ada banyak pertanyaan seperti apa sebenarnya cara untuk membuat website. Apabila kamu belum tahu sama sekali seperti apa yang harus dilakukan untuk membuat website sendiri, berikut ini adalah panduan cara membuat website yang sangat mudah untuk para pemula.

Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat

Panduan Membuat Website Sendiri

1. Membuat domain

Nama domain adalah nama yang akan digunakan orang lain untuk mengunjungi website kamu, sehingga ketika membuat domain, usahakan memilih nama yang bagus dan mudah diingat. Semakin membekas, singkat, dan mudah, semakin baik. Usahakan juga nama domain merepresentasikan isi website-mu. Misal, kamu ingin membuat website tentang dunia binatang, kamu bisa memberi nama dengan hal-hal berbau binatang seperti mamalia, aves, zoo, dunia hewan, dan lain sebagainya.

Jika sudah tahu ingin memberi nama domain-mu, silakan ke website pembelian domain. Apabila kamu ingin tahu cara membuat website gratis, beberapa website juga menyediakan domain gratis, meskipun menggunakan domain gratisan risikonya tinggi tapi tidak apa-apa dicoba untuk pemula.

2. Daftar web hosting

Setelah memiliki domain, hal yang harus dilakukan sebagai cara membuat website sendiri adalah memilih web hosting yang akan mendukung kelancaran website kamu. Web hosting sendiri ada jenis-jenisnya, antara lain ada shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting. Sebagai pemula, sebaiknya menggunakan shared hosting terlebih dulu karena biasanya harganya lebih murah.

Shared hosting pun dapat digunakan untuk berbagai jenis web, sehingga sangat direkomendasikan bagi website anyaran yang trafik pengunjungnya biasanya masih rendah. Selain itu, penggunaan shared hosting juga dapat menghemat biaya dibanding jenis layanan hosting lainnya. Namun, ketika trafik sudah tinggi, disarankan untuk ganti ke cloud hosting yang lebih besar storage-nya.

Jika ingin web hosting gratis, bisa juga mendaftar di penyedia web hosting gratis, hanya saja layanannya biasanya terbatas dan kecepatannya pun minim. Supaya mendapatkan hostingan gratis yang lumayan, ada baiknya untuk melihat penawaran dari penyedia web hosting terlebih dulu.

3. Pilih platform untuk membuat website sendiri

Tutorial membuat website yang terakhir adalah memilih platform yang akan digunakan untuk membuat web. Tentu saja ada banyak platform gratis hingga berbayar, silakan pilih yang menurut kamu paling bagus dan sesuai kebutuhan. Sebelum itu, jangan lupa untuk menyambungkan domain dan web hosting yang sudah dibuat.

Salah satu platform pembuat website yang paling umum adalah wordpress. Cara membuat website dengan wordpress juga terbilang sangat mudah, berikut ini penjelasan singkatnya.

Untuk membuat website dari wordpress, silakan install terlebih dulu aplikasinya. Setelah menginstal aplikasi, buka wordpress dan masukkan nama domain yang sudah kamu buat. Lalu login. Kemudian kelola akun wordpress tersebut sesuai keinginanmu. Kamu bisa mendesain website dengan muda, karena sudah ada tema yang disediakan wordpress. Atur juga konten dan halaman yang nantinya akan memuat setiap postinganmu. Jika ingin wordpress lebih optimal, tambahkan plugin yang kamu butuhkan. Kamu bisa menginstal plugin yang disediakan wordpress.

Ketika website sudah selesai, silakan digunakan semaksimal mungkin. Apabila kamu benar-benar merasa kesulitan untuk membuat website sendiri, cobalah meminta bantuan professional atau penyedia jasa pembuatan website yang sudah banyak tersedia. Jika ingin website dengan tampilan yang lebih professional dan matang untuk berbisnis, memang ada baiknya menggunakan jasa pembuat website yang sudah terpercaya.

Demikian adalah tutorial singkat cara membuat website dengan mudah dan bisa diterapkan bagi pemula. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *