Cara Bikin Website yang Mudah untuk Pemula

Untuk meningkatkan bisnis atau bahkan demi kepuasan pribadi, website banyak dibuat dengan berbagai cara. Ada yang gratis, maupun berbayar, tergantung bagaimana Anda ingin mencobanya. Dari berbagai cara bikin website yang berseliweran di internet, kali ini kita akan merangkumnya menjadi tutorial yang singkat dan mudah.

Cara Bikin Website yang Mudah untuk Pemula

Cara Mudah Membuat Website Gratis

Bagi pemula yang masih ingin mencoba-coba bagaimana membuat website tanpa membayar terlebih dulu, kamu bisa mengikuti langkah cara buat website gratis ini. Namun, apabila website-mu sudah besar dan ingin semakin ditingkatkan, ada baiknya untuk membuat website berbayar untuk mengurangi risiko kehilangan domain dan lain-lain.

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah tahu website seperti apa yang ingin dibuat. Konsep dasar website sangat penting supaya Anda tidak bingung dalam mendesain dan memfungsikan website ke depannya. Beberapa tipe website yang biasa dibuat untuk pemula adalah website pribadi, website portofolio, atau juga website untuk komunitas. Sedangkan jika untuk keperluan berbisnis, biasanya website tipe e-commerce dan website berita yang paling sering dibuat. Contoh website pribadi adalah seperti website untuk menampung ide-ide atau membahas kegemaran Anda, biasanya dalam bentuk blog dengan platform gratisan.

Berikut ini cara untuk membuat website yang mudah dan gratis.

1. Buat domain terlebih dulu

Jika ingin membuat domain gratis, Anda bisa ke beberapa situs pembuat domain gratisan seperti Freenom.com, Dot.cf, BizNf, dan lain sebagainya. Paling disarankan adalah membuat di Freenom karena paling banyak digunakan dan dipercaya pembuat website gratisan.

Setelah masuk Freenom, silakan cek ketersediaan domain yang ada. Contoh, tulis nama domain yang Anda inginkan di kolom ‘Check Availability’, jika tidak ada gunakan nama lainnya. Kemudian, pilih ekstensinya. Biasanya bentuknya macam-macam, ada yang .tk, .ml, .ga, dan lain-lain. Jika ingin .com, maka buat domain berbayar. Apabila sudah, silakan konfirmasi ke email, verifikasi, dan login ke Client Area.

2. Memilih web hosting

Selain domain, Anda juga bisa memakai hosting gratisan dengan cara mendaftar ke penyedia hosting gratis. Ada banyak web hosting gratis, contohnya Idhostinger, X10Hosting, ByetHosting, dan lain-lain. Pilih salah satu, tapi ada baiknya pilih yang punya storage besar dan bandwidth yang cukup cepat.

3. Hubungkan domain dan hosting

Setelah domain dan hosting gratis dimiliki, cara buat website gratis selanjutnya adalah menghubungkan antara domain dengan web hosting. Caranya, silakan buka akun web hosting yang sudah dibuat, lalu buka akun hosting tersebut dengan nama domain yang sudah dimiliki, klik detail.

Selanjutnya, buka akun domain(karena membuatnya di Freenom maka buka lewat Freenom), klik management tools, dan paste semua server dari hosting gratis tadi ke name server, dan klik change nameserver. Tunggu 24 jam untuk melihat hasilnya. Jika tidak berhasil, silakan coba lagi.

4. Pilih platform untuk membuat website

Untuk daftar website gratis bagi pemula, ada baiknya membuat website dari platform yang juga mudah, contohnya wordpress, Joomla, atau Drupal. Platform-platform ini biasanya digunakan untuk website pribadi atau website untuk share informasi. Sedangkan jika ingin membuat website untuk bisnis, bisa juga Anda buat website dari google dengan menggunakan Google Bisnisku. Semuanya merupakan platform gratis yang penggunaannya mudah dan memiliki tools yang cukup lengkap.

Atau, Anda juga bisa membuat website dengan melakukan cooding sendiri. Namun, tentu akan lebih lama dan biasanya tidak semua orang bisa.

Semoga cara bikin website ini dapat dimengerti dengan mudah untuk pemula. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *